Pages

Thursday, October 4, 2018

Hobi Presiden Republik Indonesia dari Sukarno hingga Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi Presiden tak melulu harus mengurus negara. Mereka juga manusia biasa yang memerlukan waktu istirahat untuk memanjakan diri dengan berbagai hal yang disuka.

Dilansir dari Bintang.com, Presiden Republik Indonesia (RI) dari masa Sukarno hingga Joko Widodo memiliki cara berbeda untuk memanjakan diri dengan hal yang disuka. Beberapa hobi dari mereka terbilang unik, dan belum banyak diketehui khalayak.

Presiden Sukarno, misalnya. Ia memiliki hobi bernyanyi di kamar mandi. Hobi unik Sukarno itu sempat ditulis dalam buku berjudul ‘Bung Hatta Menjawab’ yang ditulis Dr Z Yasni.

Selain menyanyi di kamar mandi, ia juga suka sekali menonton film dan mengumpulkan aneka benda seni, seperti lukisan. Tak heran bila ia berteman akrab dengan seniman, termasuk pelukis Basoeki Abdullah.

Beda dengan Sukarno, presiden kedua Indonesia, Soeharto memiliki hobi memancing. "Kalau hari libur, kadang-kadang saya pergi ke laut atau Tapos," demikian tertulis dalam otobiograf Soeharto dalam buku berjudul Warisan (daripada) Soeharto.

Presiden ketiga Baharudin Jusuf (BJ) Habibie mengungkap ia suka sekali main pesawat. Itu adalah hobi di masa kecilnya yang akhirnya memicu dirinya untuk membuat pesawat sendiri. Tidak hanya main pesawat, Habibie juga hobi sekali membaca.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Presiden Jokowi mengakui ditawari bantuan Raja Salman untuk tangani korban gempa Palu.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3658772/hobi-presiden-republik-indonesia-dari-sukarno-hingga-jokowi

No comments:

Post a Comment