Pages

Tuesday, June 4, 2019

Ini Cara Merayakan Idul Fitri, Ikuti Seperti yang Rasulullah Lakukan

Melaksanakan Shalat Idul Fitri

Kemudian cara merayakan idul fitri ala Rasulullah waktu itu adalah dengan melaksanakan shalat idul fitri. Shalat idul fitri dilakukan secara berjamaah di lapangan atau masjid. Seluruh kalangan baik laki-laki maupun perempuan yang suci maupun sedang haid untuk keluar dan merayakan idul fitri. Hal ini dijelaskan dalam hadits berikut,

“Kami memerintahkan untuk keluar (ketika hari raya), dan mengajak keluar wanita haid, para gadis, dan wanita pingitan. Adapun para wanita haid, mereka menyaksikan kegiatan kaum muslimin dan khutbah mereka, dan menjauhi tempat shalat.” (HR. Bukhari 981, Muslim 890).

Nah, saat pergi shalat idul fitri, perlu untuk mengambil jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang shalat idul fitri.

Hal ini memiliki makna yang dalam dimana Rasulullah SAW ingin bertemu dengan orang-orang di sekitar perjalanan guna menyebarkan syiar Islam.

Mengucapkan Hari Raya

Ucapan hari raya tentu salah satu momen yang tidak mungkin dilupakan oleh seluruh umat muslim. Ada baiknya mengucapkan, “Taqabbalallahu minna wa minkum (semoga Allah menerima amal kami dan kalian).”

Silaturahmi

Setelah mekasanakan shalat, Rasulullah mendatangi tempat keramaian, dan mengunjungi rumah sahabat. Ya, tradisi silaturahmi saling mengunjungi saat hari raya idul fitri sudah ada sejak zaman Rasulullah.

Ketika idul fitri tiba, Rasulullah mengunjungi rumah para sahabatnya. Begitu pun para sahabatnya. Pada kesempatan ini, Rasulullah dan sahabatnya saling mendoakan kebaikan satu sama lain.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/ramadan/read/3978514/ini-cara-merayakan-idul-fitri-ikuti-seperti-yang-rasulullah-lakukan

No comments:

Post a Comment