Pages

Thursday, October 4, 2018

6 Tahun Bertahan, 7 Pengungsi Rohingya Dipulangkan Paksa dari India

Liputan6.com, New Delhi - Berdasarkan keputusan Mahkamah Agung India, tujuh orang warga etnis Rohingya resmi dideportasi kembali ke Myanmar pada hari Kamis.

Dikutip dari Times of India pada Kamis (4/10/2018), ini merupakan kali pertama pemerintah India memulangkan paksa pengungsi Rohingya ke Myanmar, di mana tujuh orang terkait dideportasi melalui Pos Pemeriksaan Terpadu (ICP) di Kota Moreh.

Dikatakan oleh putusan Mahkamah Agung, bahwa ketujuh orang Rohingya itu ditemukan sebagai imigran gelap, dan kini telah diakui sebagai warga negara Myanmar, sehingga pemerintah India berhak mendeportasinya.

Para pejabat mengatakan para imigran ditahan oleh pasukan keamanan di pinggiran Kota Silchar di Assam pada Juli 2012, dan ditahan di pusat penahanan setempat sejak itu. Mereka dikenai tuduhan masuk secara ilegal dengan risiko deportasi.

Namun, karena status daerah asal yang dilanda konflik, serta tidak adanya pengakuan warga negara oleh Myanmar, membuat ketujuh orang itu hidup tanpa identitas negara (stateless).

Dikarenakan India merupakan anggota PBB, yang meratifikasi komitmen global terhadap penanganan pengungsi, ketujuh orang itu kemudian ditempatkan di rumah detensi hingga benar-benar mendapat kepastian status.

Sidang penentuan deportasi dilakukan oleh pemerintah India ketika mendapat kepastian Myanmar bersedia menerima tujuh orang Rohingya itu.

Berseberangan dengan hal tersebut, Pelapor Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang masalah rasisme mengkhawatirkan bahwa 'pemulangan paksa' ketujuh orang Rohingya itu, dapat membahayakan kehidupan mereka selanjutnya, di mana hal tersebut merupakan pelanggaran hukum internasional.

Simak video pilihan berikut: 

Konselor Negara Myanmar Aung San Suu Kyi mengatakan pada hari Kamis bahwa pemulangan Muslim Rohingya seharusnya sudah dimulai tetapi perlu ada koordinasi dengan Bangladesh.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3659331/6-tahun-bertahan-7-pengungsi-rohingya-dipulangkan-paksa-dari-india

No comments:

Post a Comment