Pages

Thursday, October 4, 2018

Gardu Induk Beroperasi, Beban Puncak Listrik Palu Usai Gempa Bakal Naik

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) kembali mengoperasikan trafo 150 kilo Volt (kV) dan 70 kV atau Interbus Transformer (IBT) yang berada di Gardu Induk (GI) Sidera, Sulawesi Tengah. Infrastruktur tersebut sempat rusak akibat gempa yang mengguncang Palu dan wilayah sekitarnya.

Direktur PLN Regional Sulawesi Syamsul Huda mengatakan, Gardu Induk Sidera sudah bisa beroperasi. Hal ini penting di masa pemulihan listrik paska bencana, karena gardu induk ini dapat mempercepat penyaluran listrik dalam kapasitas yang besar.

“Perlu digarisbawahi, listrik yang disalurkan dari beroperasinya Gardu Induk Sidera baru bisa dirasakan pelanggan setelah jaringan listrik yang terhubung langsung ke rumah-rumah pelanggan yang rusak sudah selesai diperbaiki dan aman digunakan,” kata Syamsul, di Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Menurut Syamsul, membaiknya kondisi sistem kelistrikan Palu meningkatkan beban puncak pemakaian listrik di kota Palu, yaitu mencapai 7,5 Megawatt (MW) dari sebelumnya sebesar 1,6 MW.

"Keberhasilan ini adalah buah kerja keras tim PLN selama kurang lebih 6 hari sejak terjadinya gempa bumi Jumat 28 September 2018 yang memutuskan pasokan listrik di Palu dan Donggala,"ujarnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3659793/gardu-induk-beroperasi-beban-puncak-listrik-palu-usai-gempa-bakal-naik

No comments:

Post a Comment