Pages

Sunday, November 4, 2018

Bisakah Black Box Tak Lengkap Ungkap Penyebab Kecelakaan Lion Air PK-LQP?

Hingga hari ketujuh operasi pencarian, tim penyelam beluk juga berhasil menemukan CVR, salah satu komponen black box pesawat Lion Air PK-LQP. Pencarian CVR akan dilajutkan esok hari.

"Kapal Baruna Jaya yang dipakai untuk cari black box hari ini akan kembali ke pelabuhan untuk isi bahan bakar. Proses pencarian CVR mungkin untuk sementara akan tertunda beberapa saat," kata Nurcahyo.

Sinyal ping CVR mulai terdengar sejak Sabtu 3 November 2018 kemarin. Bahkan menurut Nurcahyo, suara sinyal terdengar cukup kuat kemarin sore. Namun pencarian belum juga membuahkan hasil.

Ia menampik sinyal tersebut hari ini hilang. Menurutnya, sinyal CVR melemah lantaran tertutup lumpur. Hal serupa juga terjadi pada FDR yang saat itu ditemukan penyelam dalam kondisi terendam lumpur setebal setengah meter.

"Kemungkinan CVR ini juga tertutup lumpur. Sinyalnya lemah tapi masih ada dari ketentuan kekuatan baterai underwater locator ini harusnya sampai 30 hari. Tertimbun dua meter pun masih bisa tapi lemah," ucap Nurcahyo.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Selama tujuh hari pencarian, Tim SAR gabungan berhasil menemukan beberapa bagian penting, di antaranya black box atau kotak hitam.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/news/read/3684243/bisakah-black-box-tak-lengkap-ungkap-penyebab-kecelakaan-lion-air-pk-lqp

No comments:

Post a Comment