Pages

Thursday, February 7, 2019

Real Madrid Raup Pendapatan Tertinggi di Dunia Sepak Bola

Liputan6.com, Jakarta - Klub sepak bola Real Madrid mendapatkan pemasukan terbesar di antara klub lainnya pada musim 2017-2018. Pendapatan mereka bahkan mencetak rekor hingga melewati 700 juta euro.

Dilansir dari Yahoo! Finance, Real Madrid adalah klub pertama yang penghasilannya mencapai angka tersebut. Total yang mereka raup 750 juta euro atau Rp 11,9 triliun (Rp 15.859).

FC Barcelona dan Manchester United mengikuti di belakang Real Madrid. Barcelona meraup 690 juta euro (Rp 10,9 triliun) dan MU mendapat 666 juta euro (Rp 10,5 triliun).

Walau jawara La Liga berada di peringkat pertama dan kedua, tetapi, 10 besar malah didominasi klub Liga Inggris, serta satu dari Liga Prancis yakni Paris Saint-Germain.

Data dianalisis oleh perusahaan akuntan Deloitte. Laporan Deloitte Football Money menyebut mayoritas pemasukan berasal dari penyiaran (43 persen), iklan (40 persen), dan matchday (17 persen).

Real Madrid merupakan juara bertahan Liga Champion serta sudah meraih 13 gelar. Otomatis, prestasi mereka turut menjadi magnet kontrak sponsor.

Presiden Real Madrid Florentino Perez juga merupakan presiden klub terkaya di La Liga, dan salah satu orang terkaya di negaranya. Menurut Forbes, kekayaannya saat ini 1,2 miliar euro (Rp 19 triliun).

2 dari 2 halaman

Presiden Klub Real Madrid

 La Liga merupakan salah satu liga sepak bola dengan perputaran uang tertinggi di dunia. Maka tak heran jika pemilik, presiden klub dan pemainnya termasuk dalam orang-orang terkaya di dunia.

Pemain yang meraih ketenaran di La Liga Spanyol yang juga telah menjadi pemain sepak bola terkaya saat ini, sebut saja Cristiano Ronaldo, mantan pemain Real Madrid, dan Lionel Messi dari Barcelona.

Kekayaan Messi mencapai USD 400 juta atau sekitar Rp 5,5 triliun (USD 1 = Rp 13.947) dan menjadikannya salah satu pesepak bola terkaya di dunia. Sementara, Ronaldo memiliki harta USD 450 juta (Rp 6,2 triliun) dan merupakan pemain sepak bola terkaya saat ini. 

Bila pemainnya bisa sekaya itu, Presiden Klub Real Madrid jauh lebih kaya. Florentino Perez adalah orang terkaya di La Liga dengan harta 1,2 miliar euro atau Rp 19 triliun (1 euro= Rp 15.861).

Mengutip Marca, Sabtu (2/2/2019), Perez adalah seorang wirausahawan dan bos dari grup ACS. Perusahaan itu bergerak di bidang infrastruktur dan beroperasi di lima benua.

Di negaranya, ia adalah orang terkaya ke-40 berdasarkan peringkat tahunan koran El Mundo.

Nama bos klub sepak bola lain juga muncul, seperti Presiden Klub Villarreal.

Pada nomor wahid di Spanyol, ada nama Amancio Ortega sebagai orang terkaya. Menurut Bloomberg Billionaire Index, kekayaan Ortega ditaksir USD 63,5 miliar (Rp 1.015 triliun)

Ortega merupakan salah satu dari 10 orang terkaya di dunia, ia berada satu peringkat setelah CEO Facebook Mark Zuckerberg. ia adalah merupakan pemilik brand baju Zara.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3888700/real-madrid-raup-pendapatan-tertinggi-di-dunia-sepak-bola

No comments:

Post a Comment