Pages

Monday, May 6, 2019

Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 2.000 Meter

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Sinabung di Sumatera Utara erupsi pada pukul 07.48 WIB. Tinggi kolom abu teramati mencapai sekitar 2.000 meter di atas puncak.

"Kolom abu Gunung Sinabung teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 42 menit 49 detik." Demikian keterangan Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung yang diterima Selasa (7/5/2019).

Saat ini, hujan abu masih berlangsung. Gunung berstatus Level IV (Awas). Untuk itu, masyarakat atau pengunjung diimbau agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 kilometer untuk sektor Utara -Barat, 4 kilometer untuk sektor Selatan - Barat,

Selain itu, dalam jarak 7 kilometer untuk sektor Selatan - Tenggara, di dalam jarak 6 kilometer untuk sektor Tenggara - Timur serta dalam jarak 4 kilometer m untuk sektor Utara -Timur

"Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat," tulis keterangan tersebut.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/news/read/3959124/gunung-sinabung-erupsi-tinggi-kolom-abu-capai-2000-meter

No comments:

Post a Comment