Pages

Monday, June 3, 2019

Curhat 3 Pemudik Disabilitas yang Sulit Akses Toilet di Rest Area

Liputan6.com, Jakarta Curahan hati Pungki (44), Widodo (37), dan Faisal Namin (42) mengalir pilu saat beristirahat di Rest Area KM 39 Cikarang tol Jakarta-Cikampek. Ketiganya merupakan penyandang disabilitas pengguna kursi roda yang difasilitasi mudik Lebaran 2019 oleh Mudik Ramah Anak dan Disabilitas (MRAD) LAZISMU.

Perjalanan mudik dilakukan pada Sabtu, 1 Juni 2019 menggunakan bus khusus disabilitas. Pungki dan Widodo mudik ke Jawa Timur, sedangkan Namin pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

Saat bus berhenti untuk istirahat di Rest Area KM 39 Cikarang, jalan dari tempat parkir menuju toilet tidak ramah akses disabilitas. Pungki, Widodo, dan Namin harus melewati tanjakan, undakan, dan tidak ada ramp (bidang miring/datar) yang bisa dilalui pengguna kursi roda.

Dari tiga lokasi toilet di rest area di KM 39, hanya satu yang ada tanda akses disabilitas. Satu ruang toilet yang ada pun sulit sekali dijangkau karena kontur tanah dan bangunan naik-turun. Kemiringan bangunan tidak bisa dilewati sendiri oleh pengguna kursi roda.

Akses tangga menuju toilet juga sangat tinggi. Namin yang mencoba menjangkau toilet akses disabilitas kesulitan karena padatnya mobil yang berebut parkir dan lalu-lalang di rest area.

“Untuk naik di jalan tanjakan menuju bangunan rest area yang tersedia toilet akses, saya harus bersaing dengan banyak mobil yang berhenti buat mengantre parkir. Ya, mesti melewati undakan-undakan lantai yang tidak kalah curam dan tinggi. Karena sulit ke sana, akhirnya saya memilih pindah lokasi toilet umum lain yang jaraknya ratusan meter,” tutur Niman dalam keterangan rilis yang diterima Health-Liputan6.com ditulis Selasa (4/6/2019).

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/health/read/3983088/curhat-3-pemudik-disabilitas-yang-sulit-akses-toilet-di-rest-area

No comments:

Post a Comment